5 Alasan Lebih Baik Melakukan Fisioterapi Dirumah 

Fisioterapi merupakan tindakan rehabilitasi untuk mengembalikan atau meminimalkan keterbatasan fisik akibat cedera atau kecelakaan. Bagi mereka yang menderita penyakit atau cedera permanen, fisioterapi juga dilakukan untuk mengurangi dampaknya. Tindakan fisioterapi bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu penanganan secara manual maupun menggunakan alat. 

Sekarang ini, ternyata fisioterapi tidak hanya dilakukan di Klinik ataupun di Rumah Sakit, tapi fisioterapis bisa datang langsung ke rumah Sahabat HCI loh. Dengan melakukan perawatan fisioterapi di rumah, Sahabat HCI bisa mendapatkan terapi secara esklusif, mendiskusikan berbagai topik yang dapat membantu pemulihan Sahabat HCI dirumah agar lebih cepat dan efektif.  

Ini adalah lima alasan mengapa Sahabat HCI tidak perlu ragu menghubungi HomeCare Indonesia untuk mendapatkan layanan fisioterapi dari mitra professional kami :  

  1. Bebas pilih waktu sesuai kebutuhanmu 

Pernahkah Sahabat HCI bayangkan betapa repotnya mencocokkan jadwal kamu dengan Rumah Sakit? Atau panjangnya urusan administrasi di Rumah Sakit? Dengan layanan layanan fisioterapi HomeCare Indonesia, kamu bisa memangkas itu semua. Kami memahami bahwa waktu sangat berperan penting dalam proses fisioterapi, semakin cepat kamu mendapatkan penanganan, maka semakin cepat proses pemulihanmu. Dengan sekali pesan, mitra kami akan segera datang ke depan rumahmu.  

  1. Hanya akan berpusat padamu  

Satu fisioterapis dirumah sakit pastinya bertanggung jawab atas lebih dari 10 pasien setiap harinya, mereka harus membagi konsentrasi dengan pasien yang datang dilih berganti. Tapi dengan melakukan fisioterapi dirumah, seluruh fokus hanya akan berpusat pada kamu. Tidak hanya tentang penyembuhanmu, tapi mereka juga bisa memberikan rekomendasi latihan fisioterapi dengan memaksimalkan barang dan ruang yang tersedia dirumahmu, mitra kami juga dapat memberikan saran bagaimana membuat lingkungan rumahmu lebih aman. Sahabat HCI bisa bebas berdiskusi tentang perkembangan selama terapi, menyampaikan keluhan dengan tidak terburu-buru. Tentu saja hal ini membantu mempercepat pemulihan dan memberikan hasil maksimal bagi terapi fisioterapi Sahabat HCI. 

  1. Ajak orang tersayang untuk terlibat  

Ketika Sahabat HCI melakukan fisioterapi di rumah, maka kamu dikelilingi oleh orang yang kamu sayangi untuk membantu kamu tetap merasa termotivasi. Pada saat yang sama, mereka juga bisa membantu dan menjaga latihan fisioterapimu agar tetap sesuai dengan jadwal. Dengan dukungan orang tersayang dan berada dilingkungan yang anda kenali ternyata bisa membantu pemulihanmu menjadi lebih cepat loh.  

  1. Rasa aman untukmu 

Beberapa orang tidak bisa melakukan fisioterapi di klinik atau Rumah Sakit. Seperti mereka yang berisiko terinfeksi jika berada di tempat umum, mereka yang memiliki disabilitas atau cedera yang tidak memungkinkan untuk berpergian. Jadi, dengan layanan fisioterapi di rumah, Sahabat HCI bisa yakin bahwa kamu ataupun mereka benar-benar terlindungi dan aman di rumah.  

  1. Biaya lebih murah  

Apakah fisioterapi dirumah mahal? Pada faktanya, jika kamu melakukan fisioterapi dirumah itu masih lebih murah daripada mengunjungi fasilitas fisioterapi. Bayangkan jika anda harus mendapatkan lima kali sesi terapi di klinik ataupun rumah sakit, maka akan ada sepuluh kali perjalanan yang harus anda lalui, lima kali menyesuaikan jadwal anda dengan fisioterapis di rumah sakit, lima kali antrian panjang untuk antrian terapi. Itu akan lebih melelahkan jika kamu mempunyai keterbatasan gerak akibat cedera yang kamu alami. Padahal hanya dengan menghubungi tim HomeCare Indonesia, kamu bisa duduk dengan tenang dan nyaman dirumahmu sampai terapis kami datang. Tentu saja kamu setuju akan jauh lebih efektif dan efesien dengan memanggil fisioterapis ke rumahmu kan?   

Perawatan Apa Yang Diberikan Oleh Fisioterapis? 

Fisioterapi, juga sering disebut terapi fisik, merupakan gabungan profesi kesehatan yang memanfaatkan bio-mekanik atau kinesiologi, terapi manual, terapi olahraga, dan elektroterapi, untuk membantu pasien memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan mobilitas, kekuatan, dan fungsi fisik mereka. 

Kegiatan fisioterapi dapat melibatkan sejumlah perawatan dan pendekatan pencegahan yang berbeda, tergantung pada masalah medis yang sedang dialami. 

Fisioterapis dapat membantu pasien untuk mendapatkan kembali mobilitasnya, terapis lebih memahami tentang bagaimana tubuh bekerja dan terlatih dalam keterampilan klinis untuk menilai, mendiagnosis, dan mengobati kecacatan. Fisioterapis dapat membantu pasien pulih dari cedera dan kecacatan mulai dari sakit punggung, sakit leher, sakit lutut hingga masalah ligament. 

Fisioterapi juga dapat membantu rehabilitasi pasien yang menderita parkinson, lumpuh/cacat, stroke, multiple sclerosis dan cerebral palsy. Fisioterapis juga dapat menyembuhkan masalah kronis dan akut dengan merawat pasien di rumah. 

Pada umumnya, terdapat berbagai kondisi medis yang dapat dilakukan dengan menggunakan perawatan fisioterapi. Beberapa kondisi tersebut antara lain: 

  • Fraktur atau retak pada tulang  
  • Masalah sendi – joint problems 
  • Cedera tulang belakang – Spinal injuries 
  • Tahap rehabilitasi pasca operasi 
  • Cedera olahraga  
  • Kondisi pediatrik seperti cerebral palsy 
  • Gangguan saraf 
  • Gangguan kardiotoraks 

Ada beberapa tahapan terapi yang digunakan dalam melakukan perawatan. Fisioterapi terapeutik mencakup teknik elektroterapi, prosedur terapi manual, atau berbagai jenis program latihan. Perawatan fisioterapi juga mencakup teknik mobilisasi sendi seperti peregangan otot, pijat, akupunktur, dan terapi titik pemicu. 

Temukan Layanan Fisioterapi yang Tepat di Rumahmu 

Seperti yang bisa kamu lihat, ada banyak alasan mengapa fisioterapi di rumah bisa memberi banyak manfaat. HomeCare Indonesia akan memastikan kamu mendapatkan perawatan fisioterapi terbaik sesuai dengan kebutuhanmu.  

Bila sahabat HCI membutuhkan layanan perawat lansia, perawat home care, perawat caregiver, fisioterapi, terapis okupasi, dan terapis wicara berpengalaman dan profesional, sahabat HCI bisa membuka website HomeCare Indonesia atau menghubungi kami via WA/telp di 0817-882-273

Jangan lupa juga untuk follow akun sosial media HomeCare Indonesia ya. 

Salam sehat dari HomeCare Indonesia.