5 Hal Yang Perlu Perawat Ketahui

Perawat

Selain seorang dokter, tenaga medis lain yang tak kalah penting adalah seorang perawat. Tugas perawat sangat berperan dalam merawat pasien serta membantu dokter. Perawat adalah orang yang telah selesai menempuh pendidikan tinggi keperawatan, baik di dalam ataupun luar negeri. Institusinya pun wajib diakui pemerintah sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan, dan perawat tersebut harus memiliki STR (surat tanda registrasi).

Peran serta fungsi perawat menjadi pedoman bagi masyarakat umum ataupun bagi para perawat serta calon perawat. Bahwasanya dalam hal ini, perawat pada dasarnya memiliki peranan dan fungsi penting dalam memberikan kualitas pelayanan kesehatan terbaik untuk setiap masyarakat yang membutuhkan. Perawat juga dituntut untuk selalu profesional dan mengikuti kaidah serta kode etik profesi perawat yang telah dibuat.

5 Hal Yang Perlu Perawat Ketahui

Perawat tidak hanya terfokus pada merawat, mengobati dan menjaga, melainkan ada hal-hal lain yang perlu perawat ketahui. Lantas apa saja hal yang perlu perawat ketahui, berikut 5 hal yang perlu perawat ketahui:

  • Etika Profesi

Perawat harus mengetahui perihal etika profesi seorang perawat, seorang perawat dituntut untuk tetap profesional walau bagaimana pun keadaan pasien. Perawat juga diharuskan untuk tetap menjaga privasi seorang pasien dan tidak menceritakan tentang keburukan mengenai pasien tersebut kepada orang lain. Hal inilah yang harus diketahui oleh seorang perawat.

  • Perawat Harus Peduli

Perawat harus memiliki sifat peduli terhadap pasien dan keluarga pasien, perawat tidak boleh hanya fokus pada tujuan medis. Perawat juga harus fokus terhadap keadaan pasien dan memiliki sensitifitas terhadap apa yang dirasakan, diinginkan dan juga yang dibutuhkan oleh pasien serta keluarga pasien selama proses penyembuhan, yang tetap mengikuti kaidah-kaidah medis serta dunia keperawatan.

  • Memiliki Jiwa Pendidik

Perawat harus memiliki jiwa mendidik atau educator. Hal ini bertujuan selain perawat dituntut untuk mengobati dan membantu seorang dokter, perawat juga dituntut sebagai seorang yang mendidik masyarakat, lingkungan sekitar dan juga khalayak luas mengenai pemahaman dasar akan kesehatan dan medis.

  • Perawat Bisa Menjadi Peneliti

Saat menjalani pendidikan keperawatan, seorang perawat dibekali banyak  sekali kompetensi. Dengan adanya kompetensi-kompetensi tersebut, perawat bisa melakukan penelitian sederhana. Untuk itu, perawat juga harus mampu menggali ide dan rasa ingin tahunya sehingga setiap masalah yang dialami oleh pasien dapat terselesaikan dengan baik. Setelah masalah yang dialami oleh pasien terselesaikan, perawat tersebut nantinya bisa melakukan penelitian untuk dapat mempermudah atau berinovasi dalam dunia keperawatan.

  • Perawat Sebagai Agen Kesehatan

Perawat selain menjadi tenaga medis, perawat juga harus sebagau agen kesehatan. Dimana perawat bisa menjelaskan mengenai prosedur kesehatan, menjaga kesehatan atau bahkan tindakann medis dasar kepada khalayak atau masyarakat luas.

Perawat Profesional

Setelah melihat penjelesan mengenai berbagai hal yang perlu perawat ketahui, dapat disimpulkan bahwa profesi tersebut membutuhkan seseorang yang memiliki tingkat profesionalitas yang baik. Perawat harus memiliki beberapa karakter yang baik agar membangun relasi dan kepercayaan kepada pasien sehingga pasien mendapatkan suntikan moral untuk proses penyembuhan dan juga perawat sebagai agen edukasi terhadap lingkungan sekitar.

Homecare Indonesia merupakan salah satu layanan homecare yang ada di Jakarta, yang memiliki layanan jasa perawat. Baik itu perawat lansia, caregiver atau perawat ICU. Perawat Homecare Indonesia memiliki STR (surat tanda registrasi) aktif, serta berfokus pada pelayanan pasien dan bekerja secara profesional sesuai dengan arahan medis dan dokter. Cukup dengan handphone dari rumah, layanan perawat Homecare Indonesia sudah dapat dipesan.

Sumber:

nursechoice.com/blog/profiles-and-features/10-characteristics-of-nurses-who-are-most-successful/

news-medical.net/health/Roles-of-a-Nurse.aspx

study.com/academy/lesson/roles-and-functions-of-the-nurse.html