5 tanda tubuh anda kurang berolahraga

Berolahraga

Olahraga merupakan kebutuhan setiap orang untuk dapat mejaga kesehatan tubuh. Jika seseorang tidak memenuhi kebutuhan ini, berbagai tanda pada tubuh sering muncul akibat kurangnya berolahraga. Tubuh orang tersebut akan memberikan berbagai tanda agar segera bergerak dan melakukan olahraga. Kalau sudah terjadi seperti itu, tentu kesehatan pada tubuh tidak boleh untuk diabaikan.

Akan sangat berpengaruh pada kesehatan apabila tanda-tanda dari tubuh akibat kurangnya berolahraga diabaikan oleh seseorang, padahal berolahraga bisa dilakukan kapan saja dan kapan saja. Namun karena kesibukan dan pola hidup yang kurang sehat, terkadang masyarakat saat ini abai dan lalai terhadap kesehatan tubuh mereka sehingga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan muncul.

5 Tanda tubuh kurang berolahraga

Jarang bergerak dan berolahraga dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh secara keseluruhan, berbagai penyakit dapat muncul akibat dari kurangnya berolahraga. Berikut ini beberapa tanda tubuh seseorang kurang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik:

  • Menurunnya konsentrasi

Saat seseorang kurang berolahraga, maka suplai oksigen ke otak tidak maksimal. Kandungan oksigen dan air yang kurang pada otak seseorang, akan memperberat kinerja otak. Akibat berkurangnya kinerja otak, maka menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi dan juga menurunnya kemampuann daya ingat.

  • Susah untuk tidur

Kesulitan tidur khususnya pada malam hari, hal ini merupakan tanda bahwa tubuh seseorang perlu berolahraga. Kurangnya berolahraga dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur, dikarenakan suplai oksigen di dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal. Fungsi dari berolahraga adalah membuat seseorang bisa beristirahat pada malam hari secara penuh, hingga kembali segar pada esok pagi.

  • Badan pegal-pegal

Akibat kurang dari berolahraga seseorang akan merasakan pegal-pegal pada badan, area leher, punggung dan juga pinggang biasanya akan meresakan pegal yang lebih berat dibanding anggota tubuh lainnya. Berolahraga dapat melenturkan otot-otot yang kaku dan juga merenggangkan sendi-sendi yang mengalami keram berlebih.

  • Stres berlebih

Melakukan olahraga secara teratur akan membuat kadar endorfin dalam tubuh menjadi lebih tinggi. Hormon endorfin adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur perasaan dan mood seseorang. Karena itulah olahraga sangat penting untuk memperbaiki mood dan menghindarkan diri dari stres.

  • Selalu merasa lelah

Berdasarkan penelitian, seseorang yang berolahraga secara teratur maka tubuhnya akan bisa melawan perasaan lelah hingga 65 persen. Maka dari itu sangat disarankan untuk berolahraga secara rutin untuk mengurangi rasa lelah yang berlebih.

Olahraga ringan secara rutin

Melakukan olahraga ringan secara teratur merupakan solusi dari permasalahan diatas, olahraga ringan bisa digunakan untuk mencegah terjadinya beberapa gangguan pada tubuh akibat kurangnya berolahraga. Olahraga ringan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja serta tanpa mengeluarkan biaya lebih.

Olahraga ringan yang bisa dilakukan ditengah-tengah rutinnya aktifitas yaitu seperti: naik turun tangga, berkeliling rumah atau kantor selama lima menit, lompat-lompat kecil dan ain-lain. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin juga merupakan salah satu tindakan pencegahan dari penyakit serta dapat mengetahui kesehatan secara rutin.

Sumber:

simplemost.com/signs-from-your-body-that-you-need-to-be-more-active/.

everydayhealth.com/fitness/workouts/boost-your-energy-level-with-exercise.aspx.

nhs.uk/live-well/exercise/exercise-health-benefits/