5 tips dalam menjaga kebersihan gigi

Kebersihan Gigi

Gigi merupakan organ tubuh yang berfungsi penting bagi manusia, dengan menggunakan gigi maka seseorang dapat mengunyah dan memperhalus makanan yang mereka sedang konsumsi. Tanpa adanya gigi, mungkin akan terasa sangat sakit apabila seseorang langsung menelan makanan yang kasar dan padat tanpa mengunyah nya terlebih dahulu bahkan dapat menyebabkan luka pada tenggorokan.

Gigi merupakan organ penting bagi seseorang untuk dapat mengonsumsi sebuah makanan, maka dari itu menjaga kebersihan gigi sama pentingnya dengan menjaga organ tubuh yang lainnya. Gigi juga dapat terserang penyakit apabila gigi tersebut tidak dijaga kebersihannya, karena bakteri dalam gigi dapat berkembang biak dengan cepat dan juga dapat mengganggu kesehatan gigi seseorang.

5 tips menjaga kebersihan gigi

Bakteri yang terdapat pada mulut dan dapat membahayakan dikenal dengan istilah mikrobiome oral. Bakteri tersebut hidup di gigi, amandel, dinding mulut dan gusi. Jika pada mulut terlalu asam dan kotor, bakteri penyebab penyakit tersebut dapat berkembang dengan pesat dan menyebabkan penyakit seperti gusi bengkak, sariawan dan bau mulut. Berikut beberapa tips dalam menjaga kebersihan gigi:

  • Menjaga pola makan sehari-hari

Biasakanlah memakan makanan yang segar dan berserat, tidak mengandung pewarna buatan, pengawet serta bahan kimia lain. Contohnya buah segar dan sayuran hijau. Sebaliknya, kurangi konsumsi makanan manis dan minuman bersoda yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

  • Menyikat gigi secara rutin

menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menyikat gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela-sela gigi serta plak yang mengandung bakteri di gigi.

  • Mengunyah permen karet

Berdasarkan penelitian, mengunyah permen karet dapat memperkuat gigi dan membantu merawat gusi serta mencegah terjadinya penumpukan plak pada gigi. Karena plak pada gigi apabila tidak dibersihkan atau bahkan tertinggal akibat menyikat gigi tergesa-gesa dapat menjadi karang gigi.

  • Banyak meminum air putih

Air merupakan minuman terbaik untuk kesehatan Anda, termasuk juga bagi kesehatan mulut. Minum air dapat membantu membersihkan beberapa efek negatif dari makanan dan minuman yang menempel pada gigi Anda.

  • Gunakan cairan mouthwash

Menggunakan cairan moutwash setelah menyikat gigi, dapat membantu untuk mengurangi plak dan timbulnya karang gigi. Ketika menyikat gigi terkadang masih terdapat sisa makanan atau plak yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, berkumur menggunakan mouthwash sangat dianjurkan untuk membantu menghilangkan sisa plak tersebut.

Rutin menjaga Kebersihan gigi

Akibat tidak menjaga kebersihan gigi maka akan timbul berbagai masalah serius pada gigi, misalnya kehilangan gigi, infeksi darah bakteri atau mediastinitis, serta peradangan ruang di antara paru-paru. Infeksi apabila tidak diobati dengan baik nantinya dapat menyebar ke jaringan lunak mulut dan wajah, dan bahkan abses otak sehingga membutuhkan pengobatan dan layanan medis. Sugguh sangat berbahaya sekali apabila kebersihan gigi tidak dijaga.

Menjaga kebersihan gigi sebenarnya sangat mudah dan tidak suli, hanya cukup menyikat gigi minimal 2 kali sehari dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi. Gigi merupakan organ vital dan penting untuk seseorang agar tetap bertahan hidup, karena seseorang memerlukan gigi untuk dapat mengunyah, merobek dan meperhalus makanan yang dia konsumsi.

Bila Anda membutuhkan layanan  perawat, perawat home care, perawat caregiver,  fisioterapi, terapis okupasi, dan terapis wicara berpengalaman dan profesional, bisa membuka website homecareindonesia.co.id atau menghubungi kami via WA atau telp di 0817-882-273.

Sumber:

mouthhealthy.org/en/nutrition/food-tips/water-best-beverage

ada.org/en/member-center/oral-health-topics/chewing-gum

dentistry.uic.edu/patients/oral-hygiene

my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache