5 tips menjaga kesehatan untuk remaja yang produktif

Kesehatan Remaja

Remaja sering kali abai dan lalai terhadap kesehatan diri mereka, gaya hidup yang tidak sehat serta cenderung malas untuk berolahraga menyebabkan banyak remaja yang terkena berbagai macam penyakit serius di usia yang masih sangat muda. Waktu tidur yang tidak teratur, jarang berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat serta kebiasaan merokok sering dijumpai pada remaja.

Menjaga kesehatan di usia remaja sangat penting, agar pada usia lanjut atau masa tua nanti kondisi badan tetap prima dan sehat. Menjaga kesehatan di usia remaja bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, berolahraga ditengah kesibukan dan juga menjaga pola makan merupakan beberapa tindakan ringan yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan di usia muda.

5 Tips menjaga kesehatan pada remaja produktif

Sebagai seorang remaja, tak ada salahnya untuk mulai memperhatikan hal-hal berkaitan dengan kesehatan. Gaya hidup sehat yang dilakukan pada saat remaja, akhirnya akan membawa manfaat baik di masa sekarang ataupun di masa tua nanti. Berikut 5 tips menjaga kesehatan pada masa remaja:

  • Makan makanan yang sehat

Makan makanan sehat adalah bagian penting dari perkembangan dan pertumbuhan remaja. Karena  hal tersebut, maka dianjurkan bagi para remaja untuk mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar, biji-bijian, berbagai makanan berprotein, dan produk susu rendah lemak agar tetap memberikan efek prima pada tubuh.

  • Tidur yang cukup

Para remaja sering kali lalai terhadap waktu tidur mereka, kebiasaan begadang dan tidur yang tidak menentu dapat merusak metabolisme tubuh. Biasanya tubuh membutuhkan waktu tidur minimal 8 sampai 9 jam dalam sehari, agar metabolisme tubuh tetap sehat dan juga terhindar dari penyakit.

  • Berolahraga secara rutin

Berolahraga rutin dapat menjaga kesehatan tubuh seorang remaja, seorang remaja bisasanya sangat sibuk dengan kegiatan mereka sehingga mereka lupa akan tanggung jawab dengan kesehatan tubuhnya. Maka dari itu berolahraga minimal 2 kali dalam seminggu sangat disarankan bagi remaja.

  • Mengelola stres

Stres dapat membuat seorang remaja mudah terserang penyakit. Berdasarkan  beberapa penelitian, stres terbukti dapat mengganggu sistem imun tubuh seseorang. Orang yang stres dapat melepas dan mengurangi kemampuan hormon kortisol yang bisa melawan peradangan dan penyakit, sehingga besar kemungkinan orang yang stress akan mudah terkena berbagai penyakit.

  • Perbanyak asupan air putih

Dengan tercukupinya kebutuhan air di dalam tubuh, fungsi organ tubuh pun akan bekerja secara maksimal. Sesuaikan kebutuhan cairan dengan berat tubuh dan intensitas kegiatan, minum dengan minimal 2 Liter sehari untuk tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Melakukan peneriksaan kesehatan secara rutin, dapat membantu seseorang remaja untuk mencegah penyakit berbahaya menyerang tubuhnya dan juga agar mengetahui kondisi tubuh remaja tersebut. Pemeriksaan kesehatan bisa meliputi test gula darah, kepadatan tulang, kolesterol dan test kesehatan lainnya seperti paru dan jantung.

Homecare Indonesia memilki layanan lab test untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan seseorang. Hanya dengan menggunakan handphone layanan tersebut sudah dapat dipesan ke lokasi atau rumah anda.

Sumber:

nhs.uk/common-health-questions/childrens-health/how-many-calories-do-teenagers-need/

healthychildren.org/English/ages-stages/teen/fitness/Pages/Physical-Activities-for-Teens.aspx

healthypeople.gov/2020/leading-health-indicators/2020-lhi-topics/Nutrition-Physical-Activity-and-Obesity