Apa Itu Kanker Tulang

Kanker Tulang

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi karena munculnya sel-sel di dalam tulang. Bagian tulang mana pun pada tubuh seseorang dapat terkena penyakit jenis ini, kasus kanker tulang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

Sel kanker biasanya menyerang pada bagian tulang mana pun pada tubuh seseorang, baik itu tulang rusuk,tulang pinggul, tulang tangan, tulang pada kaki (lutut atau lutut), tangan, tengkorak (tulang kepala), rahang bahkan pipi. Sel kanker tulang pada tubuh dapat menyebar dengan cepat apabila tidak mendapatkan perawatan intensif.

Kanker tulang dapat menyerang seiring pertambahan usia. Namun, ada salah satu jenis kanker tulang yang muncul pada orang dengan usia muda, seperti kanker osteosarkoma  dan sarkoma ewing. Faktor risiko lainnya adalah riwayat pengobatan kanker terdahulu dengan radioterapi, faktor genetik, dan muncul akibat adanya penyakit tulang yang lain.

Gejala Kanker Tulang

Gejala kanker tulang sangat bervariasi, tergantung pada lokasi dan ukuran. Ada beragam gejala yang menunjukkan adanya sel-sel kanker pada tulang seseorang belakang, gejala yang ditimbulkan beberapa di antaranya seperti gejala sakit pada umunya. Adapun gejala seseorang apabila terkena kanker tulang antara lain:

  • Nyeri pada bagian sendi dan tulang
  • Fraktur atau patah tulang akibat sel kanker
  • Pembengkakan pada bagian tubuh
  • Rasa skit yang hebat pada tulang
  • Tulang rapuh

Hal yang perlu diketahui adalah, nyeri tulang pada orang dewasa terkadang disalahartikan sebagai gejala radang sendi dan pada anak-anak serta remaja, kondisi seperti ini terkadang dianggap sebagai efek samping saat pertumbuhan tulang.

Pengobatan Kanker Tulang

Cara mengobati jenis kanker tulang tergantung pada beberapa hal, dilihat dari jenis, stadium, kondisi orang tersebut, serta seberapa cepat sel kanker merespons pengobatan. Adapun beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Radioterapi

Radioterapi adalah metode pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan sinar-X energi tinggi untuk membunuh sel kanker di bagian tulang. Pengobatan ini mungkin digunakan dalam kombinasi dengan prosedur operasi.

  • Kemoterapi

Pengobatan kanker tulang dengan metode kemoterapi akan mengandalkan obat-obatan untuk menyembuhkan dan membunuh sel kanker. Biasanya seoraang dokter hanya merekomendasikan kemoterapi untuk kanker tulang denga jenis osteosarcoma dan ewing sarcoma.

  • Operasi

Prosedur ini digunakan untuk menghilangkan sel kanker dari bagian tubuh yang terjangkit. Dengan prosedur operasi, kanker tidak akan menyebar ke area lain. Pada kasus yang sudah parah, bisa berlanjut dengan metode operasi amputasi kaki atau tangan.

Sumber:

National Health Services UK. Health A to Z. Bone Cancer.cancer.gov/about-cancer/treatment/types/radiation-therapycancer.org/treatment/treatments-and-side-effects/treatment-types/chemotherapy