Apa Itu Lupus?

Lupus

Lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang terjadi akibat sistem imun tubuh yang bekerja dengan keliru. Lupus mendapat julukan sebagai penyakit seribu wajah karena dapat meniru gejala penyakit lain dengan cepat. Kesulitan dalam melakukan diagnosis dapat menyebabkan penanganan terhadap pasien yang kurang tepat.

Pada kondisi orang yang normal, antibodi bekerja melindungi tubuh dari berbagai zat asing dan juga virus yang dapat menyebabkan penyakit pada tubuh. Namun, pada orang yang terkena penyakit lupus (odapus), antibodi pada dirinya  justru menyerang sel-sel tubuhnya sendiri sehingga odapus lebih mudah terkena peradangan atau infeksi.

Penyebab Lupus

Lupus terjadi ketika sistem imun menyerang jaringan yang sehat di dalam tubuh seseorang. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kemunculan penyakit ini pada seseorang biasanya dipengaruhi oleh faktor hormon, genetik dan lingkungan. Berikut beberapa faktor penyebab terjadinya lupus:

  1. Hormon

Hormon Estrogen dikenal sebagai hormon “immuno-enhancing“, hormon ini biasanya lebih banyak dimiliki oleh seorang wanita dibanding pria. Hormon  tersebut dapat menghasilkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang, dengan kata lain apabila terdapat kelebihan hormon tersebut pada seseorang maka akan menjadi berbahaya dan menyebabkan penyakit autoimun seperti lupus.

  • Genetik

Apanila ada anggota keluarga yang menjadi penyitas lupus maka dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang sama pada anggota keluarga yang lainnya. Biasanya, respons imun yang dipengaruhi oleh variasi genetik bisa diwariskan pada keturunan atau anggota keluarga lainnya.

  • Lingkungan

Berdasarkan hasil penelitian, disebutkan bahwa paparan racun pada lingkungan yang sering dijumpai seperti asap rokok, merkuri hingga natrium silica dapat meningkatkan risiko terjadinya autoimun. Zat-zat tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga dapat mendorong pembentukan autoantibodi, sehingga bisa menjadi penyakit lupus.

Pengobatan Lupus

Lupus tidak dapat disembuhkan, pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah terjadinya kerusakan organ pada pengidapnya. Obat-obatan yang diberikan untuk pengidap penyakit lupus, hanya dapat membantu agar pengidapnya bisa hidup normal, atau setidaknya mendekati tahap normal.

Mulailah menjaga perilaku serta pola hidup sehat dengan tidak merokok dan juga menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit lupus. Lakukan olahraga secara rutin dan selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

Sumber:

cdc.gov/lupus/facts/detailed.html

Healthline. Everything You Need to Know About Lupus.

mayoclinic.org/diseases-conditions/lupus/diagnosis-treatment/drc-20365790