Apa itu pandemi dan endemi

Pandemi

Berdasarkan arti dalam KBBI, pandemi adalah wabah yang menjangkit dalam waktu serempak di berbagai daerah, meliputi daerah geografi yang luas. Pandemi merupakan epidemi yang menyebar hampir di berbagai negara atau benua, biasanya mengenai banyak orang, dan butuh waktu yang lama untuk dapat mengatasinya tergantung dari situasi dan kondisi daerah yang terjangkit.

Pandemi lebih berisiko terjadi disuatu daerah karena adanya perjalanan internasional, yang mana setiap orang bisa datang kesuatu daerah dengan membawa virus. Kondisi tersebut memungkinkan transmisi virus yang dibawa lebih cepat dari orang ke orang, sejumlah penyakit yang pernah dikategorikan sebagai pandemi adalah influenza, HIV, Sindrom Pernafasan, flu babi dan COVID-19.

Endemi

Endemi merupakan penyakit yang muncul di suatu daerah, wilayah, atau negara tertentu. Wabah penyakit bisa dikategorikan sebagai endemik apabila terjadi secara konsisten dengan peningkatan jumlah kasus yang signifikan di suatu wilayah secara terus menerus. Contoh penyakit endemi yang terdapat di Indonesia adalah malaria, DBD, dan campak. Penyakit tersebut dapat dijumpai dalam musim-musim tertentu dan terjadi secara konsisten.

Penyakit epidemi tidak harus menular. Epidemi dapat merujuk pada penyakit atau perilaku terkait dengan kesehatan lainnya seperti kebiasaan merokok dengan tingkat di atas kejadian yang diharapkan di suatu komunitas atau wilayah., atau kasus penyakit yang diakibatkan kebiasaan buruk disuatu wilayah seperti MCK yang sembarangan sehingga menyebabkan penyakit.

Syarat pandemi menjadi endemi

Status endemi bisa bisa didapatkan ketika sudah cukup banyak orang yang mendapatkan perlindungan kekebalan dari vaksinasi atau infeksi alami yang terjadi, sehingga status pandemi nantinya dapat berubah menjadi endemi. Sehingga nantinya penularan penyakit akan berkurang serta lebih sedikit kasus rawat inap dan kematian akibat penyakit tersebut, bahkan ketika virus masih terus dapat ditemui kasusnya.

Vaksinasi dan kebiasaan warga atau masyarakat pada daerah pandemi tersebut, sangat berperan besar dalam mengubah status pandemi menjadi endemi. Masyarakat yang peduli akan kesehatan dan lingkungan serta mengikuti himbauan atau aturan yang berlaku dari ototritas kesehatan setempat, akan sangat membantu perubahan status pada pandemi yang beralih menjadi endemi. Peran stakeholder dan pemangku kepentingan juga turut serta dalam percepatan penanganan pandemi tersebut.

Sumber:

publichealth.columbia.edu/public-health-now/news/epidemic-endemic-pandemic-what-are-differences

ppiptek.brin.go.id/post/read/perbedaan-endemi-epidemi-dan-pandemi

intermountainhealthcare.org/blogs/topics/live-well/2020/04/whats-the-difference-between-a-pandemic-an-epidemic-endemic-and-an-outbreak/