Apa Itu Perawat HomeCare?

Perawat HomeCare

Perawat homecare adalah tenaga medis profesional yang sudah melalui jenjang pendidikan tinggi keperawatan dan memiliki Surat Tanda Registrasi (STR), sertifikat pelatihan tentang dunia perawatan, Surat Izin Praktek (SIP), serta memiliki pengalaman sebagai perawat. Adapun tugas dan peran perawat homecare yaitu memastikan kebutuhan pasien yang sedang dirawat dapat terpenuhi mulai dari asupan gizi, obat-obatan serta hal lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang sedang dirawat.

Salah satu tugas dan peran perawat homecare selain sebagai perawat, mereka juga memberikan pengawasan dan perhatian  penuh terhadap pasien. Perawat homecare juga memiliki tugas lain yaitu meliputi perawatan pribadi, seperti membantu mandi, mengobati pasien dan juga memenuhi kebutuhan pasien saat masa penyembuhan. Perawatan seperti ini biasanya dilakukan hanya untuk pasien seorang lansia atau pasien dengan kondisi tubuh yang kritis dan tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya.

Berbagai Jenis Perawat HomeCare

Perawat pada homecare dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis sesuai dengan latar belakang pendidikan, fungsi dan tugas mereka. Secara umum, perawat homecare terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut:

  • Pendamping lansia/Caregiver, caregiver lansia mempunyai minimal pendidikan SMK jurusan kesehatan atau sertifikasi sebagai seorang caregiver dan telah dibekali praktik merawat atau mendampingi lansia.
  • Perawat homecare. Tenaga kesehatan perawat homecare mempunyai minimal pendidikan D3/S1 bidang kesehatan dan memiliki STR dan serta mempunyai pengalaman sebagai perawat.
  • Perawat/bidan ibu dan anak. Perawat atau lebih tepatnya bidan minimal bergelar pendidikan kebidanan dan telah mempunyai pengalaman sebagai bidan dan memiliki izin untuk praktek STR dan SIP.

Setiap perawat homecare disesuaikan dengan kualifikasinya untuk bertugas merawat pasien dan juga disesuaikan dengan kebutuhan seorang pasien.

Tugas dan Tanggung Jawab Perawat HomeCare

Seorang tenaga kesehatan atau perawat homecare ketika melakukan pekerjaannya, memiliki tugas dan tanggung jawab seperti berikut:

  • Bekerja sama dengan tenaga kesehatan lain atau dengan dokter.
  • Menjaga kebersihan pasien dan lingkungan pasien.
  • Melakukan pengawasasan, pendampingan dan perawatan kepada pasien.
  • Memasang alat medis seperti ventilator, kateter, NGT, dan lain sebagainya kepada pasien apabila diperlukan.
  • Membuat jadwal kontrol dengan dokter dan memberikan obat
  • Membuatkan dan memberikan makan kepada pasien.

Sumber:

betterteam.com/home-health-nurse-job-description

caringseniorservice.com/blog/what-is-a-caregiver