Apa Itu Terapi Okupasi?

Terapi Okupasi

Terapi okupasi adalah perawatan khusus untuk orang yang mengidap gangguan kesehatan tertentu seperti pasca stroke dan kecelakaan, agar bisa mendapatkan perubahan positif. Misalnya, mampu melakukan kegiatan sehari-hari yang sebelumnya tak bisa dilakukan secara mandiri. Entah itu untuk melakukan kegiatan seperti (makan, mandi, dan berpakaian) dan lain-lain.

Terapi okupasi dapat dilakukan pada orang lintas usia, termasuk pada anak-anak. Pada anak, terapi ini digunakan untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari, seperti belajar, bermain, memakai baju atau sekedar makan. Selama terapi sedang berjalan, terapis akan memberikan kegiatan yang dapat membantu anak untuk menemukan cara dalam melakukan aktivitas seahri-hari yang dirasa sulit bagi mereka.

Fungsi dan Manfaat Terapi Okupasi

Terapi okupasi memiliki beberapa fungsi dan manfaat, yang mana terapi okupasi dapat dilakukan apabila sudah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada pihak dokter, selanjutnya dokter akan melakukan identifikasi terlebih dahulu sejauh mana pasien mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. berikut fungsi dan manfaat terapi okupasi:

  • Mengembangkan keterampilan motorik halus, seperti menggenggam dan melepaskan benda yang digenggamnya, melakukan kegiatan seperti makan dan minum.
  • Meningkatkan koordinasi tangan dan mata agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari seperti sedia kala sebelum cidera, sakit ataupun mengalami gangguan.
  • Membantu memulihkan kesehatan mental atau masalah perilaku, pada orang yang mengidap penyakit yang berkaitan dengan kesehatan mental, saraf dan sensorik, seperti penyakit Alzheimer, stres pascatrauma dan lain-lain.
  • Mempercepat masa pemulihan dan kembali bekerja setelah mengalami cedera yang berhubungan dengan pekerjaan berat, seperti tukang bangunan, kuli angkut, dan lain-lain.
  • Membantu pasien agar dapat melakukan mobilitas seperti sedia kala, minimal mendekati keadaan pada saat sebelum sakit atau cidera.

Terapi Okupasi Homecare Indonesia

Layanan terapi okupasi untuk saat ini sudah sangat mudah dipesan, tidak harus datang ke tempat terapis namun terapis yang akan datang ketempat anda. Homecare Indonesia memiliki layanan terapi okupasi yang dapat anda pesan melalui handphone, cukup hubungi kami dan sampaikan kebutuhan akan terapi anda selanjutnya terapis kami akan datang ke rumah atau lokasi anda. Terapis kami profesional dibidangnya, memiliki STR aktif dan juga berpengalaman dengan berbagai kasus yang ditangani melalui perawatan terapi okupasi.

Sumber:

nbt.nhs.uk/our-services/a-z-services/occupational-therapy/what-occupational-therapy

understood.org/articles/en/occupational-therapy-what-you-need-to-know

webmd.com/pain-management/occupational-rehab