Apa Itu Terapi Wicara

Terapi Wicara

Terapi wicara adalah terapi yang digunakan untuk mengatasi gangguan dan masalah pada saat bicara, khususunya pada anak-anak. Terapi wicara bertujuan agar kemampuan berbicara dan mengeskpresikan bahasa pada anak dapat meningkat. Terapi wicara bertujuan untuk dapat melatih bentuk bahasa baik verbal maupun nonverbal.

Pasien dari terapi wicara biasanya adalah anak-anak. Hal ini dikarenakan banyak ditemui anak-anak yang terlambat dalam kemampuan berekspresinya dan kurang dalam berbicara. Akan tetapi, terapi wicara tak hanya digunakan untuk anak-anak yang mengalami gangguan bicara atau kesulitan dalam memahami bahasa. Sebab, terapi wicara kini juga digunakan untuk membantu mengatasi kondisi-kondisi lain. Misalnya, gangguan menelan akibat pasca stroke.

Alasan Melakukan Terapi Wicara

Terapi wicara dilakukan untuk mengatasi gangguan dan masalah pada saat berbicara, terapi wicara juga digunakan oleh orang yang memiliki gangguan menelan seperti pada orang pasca stroke. Akan tetapi ada alasan lain yang mendasari seseorang harus mengikuti terapi wicara, antara lain sebagai berikut:

  • Kesulitan memahami atau mengolah bahasa

Terapi wicara digunakan untuk dapat membantu anak-anak yang sulit untuk memahami pembicaraan atau perkataan orang lain, atau pula perintah sederhana lainnya

  • Ketidakjelasan suara/vokal

Seseorang yang mengalami gangguan seperti ini biasanya akan merasa tidak nyaman atau kesakitan saat dia sedang berbicara. Orang dengan suara atau resonansi yang tidak jelas akan berbicara dengan volume yang cenderung kecil dan juga suara yang dikeluarkan tidak jelas.

  • Gangguan terhadap kosa kata

Anak sulit menempatkan kata secara bersamaan untuk membentuk kalimat. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya jumlah kosa kata yang diketahui anak atau ketidakmampuan anak menempatkan kata-kata secara tepat dalam suatu pembicaraan.

Terapi Wicara Homecare Indonesia

Terapi wicara dapat dilakukan di klinik khusus atau rumah sakit yang memiliki tenaga ahli dengan keahlian terapi wicara. Namun, ada baiknya untuk melakukan terapi wicara di tempat yang memiliki terapis berpengalaman dan tersertifikasi agar mendapatkan penanganan yang tepat. Saat ini Homecare Indonesia memiliki layanan terapi wicara dengan tenaga profesional dan tersertifikasi, hanya dengan menggunakan handphone layanan ini sudah dapat anda pesan.

Sumber: 

parents.com/kids/development/learning-disabilities/what-is-speech-therapy/

healthline.com/health/speech-therapy