Bahaya Narkotika Bagi Tubuh Seseorang

Narkotika

Narkotika adalah obat atau zat yang berasal dari sebuah tanaman maupun bukan dari tanaman baik itu sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan pada seseorang yang mengonsumsinya, hal tersebut berdasarkan UU RI No 22 / 1997.

Pada mulanya, zat atau obat golongan narkotika digunakan untuk kepentingan pengobatan dan rehabilitasi pasien sesuai dengan anjuran dan kebutuhan medis. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang yang menyalahgunakan narkotika untuk kepentingan lain. Saat digunakan secara berlebihan, narkotika dapat menimbulkan efek kecanduan. Di sisi lain, penyalahgunaan obat dan zat ini dapat berujung pada sanksi pidana bahkan sampai hukuman mati.

Bahaya Narkotika

Sebagian besar pengguna dan penyalahguna narkotika tidak menyadari efek buruk yang ditimbulkan oleh narkotika. Mereka pelaku penyalahgunaan narkotika hanya tergoda merasakan kesenangan sesaat dan efek menengankan yang semu. Padahal, efek narkoba bukan tentang perasaan menenangkan yang bikin nagih saja akan tetapi terdapat efek negatif yang jauh lebih besar.

Bahayanya narkotika bahkan bisa merusak kesehatan fisik dan kejiwaan seseorang. Berikut beberapa bahaya penyalahgunaan narkotika pada seseorang:

  • Halusinasi

Beberapa jenis narkotika memberikan rasa halusinasi yang sangat kuat dan membuat sang pengguna seakan terlepas dari beban dan bebas dari masalah. Namun setelah halusinasi efek samping selanjutnya yaitu peningkatan denyut nadi dan tekanan darah, gangguan kecemasan, serta paranoid yang berlebih sehingga menyebabkan depresi.

  • Efek adiktif

Narkotika memberikan efek adiktif atau yang biasa orang awam ketahui sebagai kecanduan. Efek adiktif ini membuat pengguna narkotika selalu ingin menggunakan barang tersebut, sehingga apabila dibiarkan akan menimbulkan efek berbahaya seperti sakau, kejang bahkan sampai kematian.

  • Gangguan fungsi otak

Narkotika dapat memengaruhi kemampuan seseorang dalam berpikir. Daya ingat dan kemampuan berpikir kritis seseorang akan menurun apabila sering menggunakan narkotika, dikarenakan efek halusinasi yang diakibatkan oleh narkotika dapat membuat kerusakan pada sel-sel otak.

  • Kematian

Bahaya yang terakhir adalah kematian, efek jangka panjang dari seseorang yang mengonsumsi narkotika secara berlebihan dan tidak pada funsgi utamanya adalah kerusakan pada beberapa organ tubuh seperti jantung, hati dan ginjal sehingga dapat menyebabkan kematian pada seseorang.

Efek Positif Narkotika Jika Digunakan Sesuai Peruntukannya

Narkotika sejatinya digunakan dalam dunia medis sebagai zat untuk menekan rasa sakit dan memberikan efek ketenangan pada pasien yang membutuhkan. Bahkan ada beberapa jenis narkotika yang digunakan untuk terapi dan pengobatan penyakit berbahaya seperti kanker, HIV/AIDS, Alzheimer dan Epilepsi. Penggunaan narkotika juga diaplikasikan pada proses seorang ibu ketika melahirkan, morfin merupakan salah satu narkotika yang digunakan pada proses tersebut.

Pada saat ini sudah banyak jenis pengobatan dan tindakan medis yang menggunakan narkotika sebagai salah satu alat bantu atau zat yang membantu pengobatan tersebut. bukan tidak mungkin para peneliti dari dunia medis nantinya akan mengembangkan suatu terobosan dan obat dari berbagai penyakit berat menggunakan narkotika sebagai bahan baku obat tersebut.

Sumber:

bnn.go.id/pengertian-narkoba-dan-bahaya-narkoba-bagi-kesehatan/

webmd.com/mental-health/addiction/drug-abuse-addiction#1

drugwise.org.uk/what-are-the-dangers-from-using-drugs/