Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu indera yang penting bagi seseorang yang berfungsi untuk melihat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap orang agar indera penglihatan tersebut bisa berfungsi dengan semestinya dan bekerja secara baik. Kesehatan mata seseorang bisa terganggu akibat dari kebiasaan buruk penggunaan gadget atau pola hidup yang kurang sehat.

Pada dasarnya fungsi mata seseorang dapat menurun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia seseorang. Meski demikian, upaya dalam menjaga kesehatan mata tidaklah sia-sia karena dampaknya akan sangat terasa saat usia mulai menua. Menjaga kesehatan mata akan sangat terasa dampaknya apabila kita sudah memasuki usia 40 tahun keatas, dimana penglihatan kita akan masih sangat sehat apabia diusia muda selalu menjaga pola hidup sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak perlu menggunakan biaya yang mahal dan cara-cara yang rumit. Menjaga kesehata mata bisa dilakukan dengan mudah dengan berbagai cara dan tips yang bisa dilakukan. Berikut adalah berbagai cara mudah yang bisa dilakukan  mulai dari sekarang agar mata senantiasa sehat dan berfungsi normal:

  • Menggunakan kacamata hitam saat siang hari

Sebaiknya gunakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan dan siang hari, kacamata hitam berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari. Kacamata yang dilengkapi dengan lensa anti radiasi, mampu membantu melindungi mata dari paparan radiasi UV berlebihan yang dapat meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.

  • Hindari bermain gadget terlalu lama

Menatap gadget dan layar komputer terlalu lama bisa mengakibatkan mata lelah, kering, dan tegang sehingga menimbulkan penyakit pada mata. Selain mengalami masalah pada mata, bermain gadget terlalu lama juga dapatt membahayakan kesehatan yang lainnya seperti kesehatan jantung dan otak.

  • Memiliki waktu tidur yang cukup

Tidur dapat membantu organ mata untuk beristirahat secara total. Setelah seharian mata digunakan untuk melakukan aktivitas, mata membutuhkan waktu untuk dapat memperbaiki dan memulihkan diri. Saat seseorang kurang tidur, otomatis mata tidak memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Kondisi ini bisa mengakibatkan melemahnya penglihatan seseorang secara perlahan.

  • Rutin berolahraga

Banyak ditemukan penyakit atau gangguan mata yang berhubungan dengan masalah kesehatan lain pada anggota tubuh, seperti diabetes, tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Dengan berolahraga secara rutin dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut timbul dan mengganggu kesehatan mata, salah satu contoh penyakit yang dapat merusak mata adalah penyakit diabates.

Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Mata

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan secara teratur terkait kesehatan mata, bahkan anak kecil sekali pun. Hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata dan memungkinkan penglihatan berjalan dengan baik apabila kita mengetahui kondisi kesehatan mata.  Melakukan pemeriksaan mata ke dokter juga dapat mendeteksi berbagai penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Cara tersebut terbilang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata dan menghidari penyakit mata.

Sumber:

aoa.org/healthy-eyes/eye-health-for-life?sso=y

nei.nih.gov/learn-about-eye-health/healthy-vision/keep-your-eyes-healthy

health.clevelandclinic.org/your-eyes-a-window-to-your-health/

sleepeducation.org/news/2020/06/02/how-lack-of-sleep-affects-your-eyesight