Fisioterapi ternyata tidak hanya untuk orang cedera

Fisioterapi

Terapi Fisik atau yang lebih dikenal dengan fisioterapi, merupakan metode rehabilitasi yang digunakan untuk mencegah cacat fisik, atau menangani gangguan pada fisik serta tubuh akibat penyakit atau ceedera. Terapi ini dapat dilakukan pada seseorang yang mengidap masalah kesehatan dan juga dari semua rentang usia. Secara garis besar, fisioterapi dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera.

Pada kasus ketika tubuh seseorang mengalami cedera permanen, fisioterapi dapat digunakan untuk mengurangi dampaknya serta meminimalisir resiko terjadinya cedera yang lebih serius. Ketika seseorang sedang menjalani fisioterapi, orang tersebut akan diarahkan dan dibantu oleh seorang fisioterapis, yaitu orang yang ahli serta profesional dalam menerapkan praktik fisioterapi dan memiliki kemampuan untuk menangani masalah pada fisik.

Kegunaan Fisioterapi secara luas

Banyak orang yang mengira bahwa fisioterapi hanya diperuntukan bagi orang yang cedera saja, ternyata ada banyak manfaat dan kegunaan fisioterapi selain untuk orang yang cedera. Lalu, masalah kesehatan apa saja yang dapat menggunakan fisioterapi sebagai terapi untuk mengurangi dampak dan meminimalisir masalah kesehatan tersebut? Berikut beberapa masalah kesehatan atau fisik yang dapat diatasi oleh fisioterapi:

  • Pengobatan Diabetes

Banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa fisioterapi juga dapat digunakan untuk pengidap diabetes. Dengan mengikuti latihan fisioterapi secara rutin, metabolisme tubuh nantinya akan dipercepat dan glukosa akan bergerak masuk ke dalam sel dengan lebih mudah, sehingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah.

  • Mengatasi Osteoporosis

Fisioterapi juga bisa menjadi metode pengobatan yang digunakan pada pengidap osteoporosis. Terapi ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang, menstimulasi pertumbuhan tulang dan juga menjaga kekuatan tulang untuk tetap stabil sehingga meminimalisir kemungkinan terburuk akibat osteoporosis.

  • Untuk terapi bayi dan balita

Ternyata fisioterapi dapat digunakan untuk bayi atau balita yang memiliki masalah atau gangguan seperti sulit tidur, sering menangis, dan tidak memiliki nafsu makan yang baik. Fisioterapi dapat memberikan rasa nyaman terhadap bayi atau balita dan juga memperlancar peredaran darah sehingga memberikan kesegaran dan ketenangan.

  • Gangguan pada kardiovaskular

Penyakit jantung kronis dan rehabilitasi pasca serangan jantung, bisa ditangani dengan fisioterapi. Dengan fisioterapi, kondisi pengidap akan lebih berkualitas karena diberikan dukungan fisik serta emosional. Fisioterapi dapat memberikan ketenangan dan juga memberikan rasa relaksasi pasca terkena serangan jantung.

Layanan Fisioterapi Homecare Indonesia

Fisioterapi ternyata tidak hanya untuk orang yang cedera saja, melainkan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dan kondisi. Fisioterapi bahkan dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit yang didapatkan seseorang passca melakukan operasi. Kini layanan fisioterapi bisa anda nikmati hanya dengan memesan layanan menggunakan handphone dari rumah.

Bagi anda yang memiliki keluhan pada tubuh dan juga masalah pada fisik akibat kegiatan sehari-hari, cukup hubungi Homecare Indonesia, dan layanan fisioterapi sudah bisa anda dapatkan dirumah anda. Terapis pada Homecare Indonesia memiliki STR aktif dan juga sudah melalui pendidikan khusus profesi fisioterapi.

Sumber:

physio-pedia.com/Cardiovascular_Disease

nhs.uk/conditions/physiotherapy/

verywellhealth.com/physical-therapy-rehab-4013042

bls.gov/ooh/healthcare/physical-therapists.htm