Hari Kesehatan Dunia

Hari Kesehatan

Badan kesehatan dunia atau yang biasa kita kenal dengan sebutan WHO, menetapkan tanggal 7 April setiap tahunnya sebagai Hari Kesehatan Sedunia. Perayaan ini juga dilakukan untuk menandai berdirinya organisasi kesehatan dunia atau WHO pada tahun 1948.

Pada tahun 1948, WHO mengadakan sebuah acara dan agenda Majelis Kesehatan Dunia untuk pertama kalinya. Pada agenda tersebut, majelis memutuskan untuk merayakan 7 April sebagai Hari Kesehatan Dunia yang dirayakan pertama kali pada tahun 1950.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO merupakan badan khusus milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bekerja untuk mengatasi kesehatan masyarakat internasional, baik dari sisi kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat mengenai ruang lingkup kesehatan.

Tema Hari Kesehatan Dunia 2022

Hari kesehatan dunia memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, pada hari kesehatan dunia tahun 2021 tema yang digunakan adalah “Building a Fairer, Healthier World” ( Membangun Dunia yang lebih adil dan lebih sehat). Sementara untuk tema di tahun 2022, WHO mengusung tema “Our Planet, Our Health”. Makna di balik tema tersebut adalah kesehatan manusia yang bergantung dengan keadaan bumi.

Dengan mengusung tema “Our Planet, Our Health”, WHO mengajak masyarakat dunia untuk peduli dengan isu lingkungan. Ketika bumi sudah mulai rusak dan tidak terawat maka kesehatan umat manusia dapat terancam, dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan bumi pun tidak main-main bahkan dapat menyebabkan kepunahan terhadap berbagai jenis makhluk hidup.

Kesehatan umat manusia sangat tergantung dengan keadaan bumi, beberapa penyakit yang menyerang umat manusia timbul akibat adanya kerusakan pada bumi. Berikut beberapa contoh kerusakan bumi yang dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit pada manusia:

  • Pembakaran bahan bakar fosil memberikan efek tidak sehat pada lebih dari 90% orang akibat menghirup udara yang buruk
  • Polusi udara yang diakibatkan oleh pembakaran lahan dan hutan, dapat menyebabkan penyakit kanker paru-paru, stroke dan penyakit jantung.
  • Akibat kurangnya persediaan air bersih, menimbulkan masalah baru yaitu diare yang menyebabkan 829.000 orang meninggal setiap tahunnya.
  • Akibat perubahan iklim dan perubahan musim diberbagai negara, menyebabkan timbulnya beberapa penyakit seperti malaria dan demam berdarah.

Sayangi bumi sayangi kesehatan

Dengan menjaga keseimbangan bumi, maka umat manusia juga menjaga kesehatan mereka dan juga memberikan tongkat estafet kelayakan bumi utuk tempat tinggal kepada anak cucu mereka. seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan sumber daya yang dapat merusak bumi sudah seharusnya dikurangi dan diganti oleh sumber daya yang terbaharukan.

Dapat disimpulkan bahwa kerusakan yang terjadi di bumi dapat menurunkan angka kesehatan umat manusia.

Sumber:

who.int/news/item/04-04-2022-health-and-the-environment

who.int/news/item/04-04-2022-billions-of-people-still-breathe-unhealthy-air-new-who-data