Jenis-Jenis Perawatan Pada Lansia

Perawatan Lansia

Lansia masuk dalam kategori kelompok umur yang renta dan mudah terkena penyakit, oleh karena itu seorang lansia harus menjalani pola hidup yang sehat dan mendapatkan perawatan sesuai dengan kebutuhan di usianya. Terkadang ketika seseorang memasuki fase usia lanjut, akan banyak timbul masalah pada kesehatannya akibat dari perilaku tidak sehat pada usia muda.

Perilaku dan pola hidup tidak sehat yang dilakukan dari usia muda akan berdampak dan memberikan efek pada kesehatan ketika sudah memasuki fase usia lanjut, maka dari itu seseorang yang sudah masuk pada fase usia lansia biasanya akan mendapatkan beberapa jenis perawatan tergantung dari kondisi kesehatan lansia tersebut.

Jenis Perawatan Pada Lansia

Ada beberapa jenis perawatan yang biasanya dilakukan kepada lansia, perawatan tersebut tergantung dari kebutuhan lansia tersebut. Kondisi dan kebutuhan setiap lansia berbeda dan tergantung dari rekam medis serta riwayat kesehatan lansia tersebut. Berikut beberapa jenis perawatan yang sering dilakukan kepada lansia:

  • Perawatan Kulit

Pada kulit seorang lansia biasanya akan sangat sensitif terhadap alergi debu ataupun alergi ketika terkena siar matahari. Perawatan yang biasanya dilakukan adalah dengan memberikan vitamin dan juga tabir surya dengan minimal spf 30, agar kulit lansia tetap terawat dan sehat.

  • Perawatan Medis

Perawatan medis dilakukan kepada seorang lansia dengan riwayat sakit yang sebelumnya diderita, riwayat penyakit yang sering dijumpai pada lansia biasanya seperti diabetes, hipertensi, stroke dan lain-lain.

  • Perawatan Homecare

Perawatan homecare adalah perawatan yang dilakukan oleh seorang perawat kepada lansia yang dilakukan sehari-hari di rumah lansia tersebut. perawat tersebut bertugas merawat lansia seperti memandikan, membuat makanan, memberi vitamin, dan memberi obat-obatan jika lansia tersebut memiliki riwayat penyakit.

Perawat Lansia Homecare Indonesia

Perawatan kepada lansia hendaknya dilakukan oleh orang yang sudah terlatih dan profesional dibidangnya, sehingga kondisi kesehatan lansia akan tetap terjaga dan terhindar dari risiko yang bisa mengganggu kesehatan seorang lansia. Homecare Indonesia menyediakan layanan perawat homecare dengan tenaga ahli profesional dan tersertifikasi. Cukup dengan menggunakan handphone layanan tersebut sudah bisa dipesan.

Sumber:

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/caregivers/in-depth/caring-for-the-elderly/art-20048403

healthinaging.org/blog/skin-diseases-are-common-in-older-adults/