Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Otak

Kemampuan Otak

Kesibukan sehari-hari saat beraktivitas terkadang membuat seseorang mengonsumsi makanan cepat saji atau kurang memerhatikan kebutuhan nutrisi untuk tubuh. Nyatanya kebutuhan nutrisi pada tubuh sangatlah penting untuk kesehatan beberapa organ tubuh, salah satunya otak.

Otak sangat membutuhkan nutrisi agar dapat bekerja secara maksimal dan berfungsi sebagaimana mestinya, jaringan serta sel-sel pada otak membutuhkan banyak nutrisi untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya anggota tubuh lainnya. Bahkan, otak bisa membutuhkan nutrisi sebanyak seperempat dari total asupan nutrisi pada tubuh.

Nutrisi untuk otak inilah yang kita dapatkan dari berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, kualitas makanan dan minuman yang baik dapat memberikan dampak yang baik juga untuk organ tubuh terkhusus otak. Kesehatan otak dapat dijaga dengan mengonsumsi berbagai makanan yang baik bagi tubuh dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan dan minuman yang baik untuk otak

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, berperan dalam menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi tertentu, seperti memori dan konsentrasi. Secara umum, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang bagus untuk dikonsumsi guna mendukung kesehatan otak.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat bisa membantu dalam menjaga kesehatan otak, dikarenakan alpukat mengandung sumber lemak tak jenuh yang sehat dan juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang baik untuk otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi. Dengan mengurangi tekanan darah tinggi, makan akan menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya lainnya.

  • Berbagai Jenis Ikan

Jenis-jenis ikan seperti salmon, makarel, tuna yang memiliki kandungan asam lemak omega-3, terutama DHA, diketahui sangat baik untuk kesehatan otak. Asam lemak dapat menurunkan kadar beta-amyloid di dalam darah, beta-amyloid adalah protein pembentuk gumpalan yang merusak otak sehingga menyebabkan penyakit Alzheimer. Rutin mengonsumsi ikan dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer serta dapat meningkatkan daya ingat seseorang.

  • Teh Hijau

Teh hijau diketahui sangat baik untuk kesehatan otak, teh hijau memiliki dua kandungan senyawa yang baik untuk otak yaitu adalah L-theanine dan epigallocatechin gallate (EGCG). L-theanine diketahui dapat meningkatkan relaksasi pada otak seseorang. L-theanine pada kandungan teh hijau diketahui dapat mendukung otak agar dapat fokus, menjaga daya ingat dan memori dalam otak.

  • Jus Jeruk

Jus jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin ini memiliki manfaat sebagai pelindung saraf. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki kadar vitamin C tinggi dalam darah dilaporkan memiliki tingkat skor fokus, memori, dan bahasa lebih tinggi daripada seseorang yang memiliki tingkat asupan vitamin C lebih rendah.

  • Buah Coklat

Buah coklat sangat baik untuk kesehatan, kandungan flavonoid dalam coklat dapat melancarkan aliran darah ke organ otak dan mengurangi resiko peradangan sehingga bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam berpikir dan mengingat, maka dari itu mengonsumsi coklat sangat disarankan untuk dapat menjaga kesehatan otak.

Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga kesehatan otak sangatlah penting bagi seseorang, dengan menjaga kesehatan otak maka sama dengan menjaga kesehatan organ tubuh  yang lainnya. Hal itu terjadi dikarenakan Setiap bagian otak memiliki tugas tertentu yang memengaruhi sistem kerja berbagai organ tubuh.

Mulailah dari saat ini menjaga kesehatan tubuh, Homecare Indonesia memiliki layanan konsultasi gizi untuk membantu tentang informasi kebutuhan gizi harian, kebutuhan gizi untuk pemulihan pasca operasi dan sakit dan lain-lain.

Sumber:

weillcornellbrainandspine.org/eating-better-brain-health

healthybrains.org/pillar-nutrition/

www.health.com/nutrition/80-20-rule