Makanan yang baik untuk lansia

Pola makan lansia

Ketika seseorang sudah memasuki usia lanjut, mereka akan mengalami penurunan nafsu makan karena faktor kesehatan dan kondisi alamiah tertentu yang terjadi pada tubuh. Hal ini terjadi karena faktor disfagia atau kondisi kesulitan menelan, kesulitan dalam mengunyah, masalah sistem pencernaan, dan gangguan kesehatan mental pada lansia, seperti kesepian dan depresi.

Dalam mengatasi gejala susah makan yang terjadi pada lansia bisa dengan cara membantu memenuhi kebutuhan gizinya. Adapun kebutuhan gizi pada lansia apabila terpenuhi bisa membantu menjaga kesehatan lansia, sehingga lansia tetap bisa beraktivitas secara mandiri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi lansia tersebut, bisa dengan memberikan menu makanan yang menarik, tetapi juga sehat.

Jenis makanan yang baik untuk lansia

Mengatur jenis dan pola makan lansia sangat penting dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari lansia dan mendukung kesehatan tubuhnya. Terdapat banyak kasus seorang lansia yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Oleh karenanya jenis makanan untuk lansia haruslah yang baik dan bergizi, berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk seorang lansia:

  • Jenis Ikan Laut

Ikan laut seperti tuna dan salmon sangat baik untuk seorang lansia. Ikan laut mengandung jenis lemak baik, yaitu asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan, serta memperlambat penurunan fungsi kognitif pada seorang lansia.

  • Buah dan sayur

Buah dan sayur seperti pepaya, pisang, semangka, selada dan kangkung sangat baik untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin pada seorang lansia. Selain banyak mengandung vitamin, buah dan sayur tersebut sangatlah mudah untuk dikonsumsi oleh seorang lansia.

  • Telur

Telur adalah makanan yang disukai banyak orang, telur juga merupakan sumber protein hewani yang baik untuk seorang lansia. Tak hanya itu, telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan seorang lansia, seperti vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, zat besi hingga folat

  • Susu

Susu dengan spesifikasi rendah lemak atau bebas lemak sangat baik untuk kesehatan lansia, dikarenakan seorang lansia akan mengalami penurunan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia. Susu dapat mencegah penyakit Osteoporosis dan juga membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D pada lansia.

Waktu makan yang tepat bagi seorang lansia

Waktu yang tepat untuk seorang lansia melakukan makan pagi atau sarapan adalah setidaknya 1-2 jam sebelum mulai beraktivitas. Makan untuk sarapan juga bisa dilakukan 1 jam setelah bangun tidur. Sementara untuk makan siang dapat dilakukan sekitar jam 12 sampai 13 siang, dan pada saat tubuh sudah mulai beraktifitas.

Makan malam seorang lansia yang bagus adalah 2-3 jam sebelum lansia tersebut melakukan tidur malam. Hal tersebut dimaksudkan agar makanan yang dimakan oleh lansia dapat dicerna dengan baik sebelum tubuh berbaring untuk tidur malam, sehingga menghindari terjadinya sisa makanan yang kembali naik ke kerongkongan.

Sumber:

helpguide.org/articles/healthy-eating/eating-well-as-you-age.htm.

eatright.org/health/wellness/healthy-aging/special-nutrient-needs-of-older-adults.

betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/Nutrition-needs-when-youre-over-65

healthline.com/health/healthy-eating-for-seniors