Manfaat buah bagi lansia

Pola makan lansia

Seseorang yang memasuki fase usia lanjut mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan karena kondisi dan faktor kesehatan tertentu yang terjadi pada tubuhnya. Jenis makanan juga akan sangat mempengaruhi selera serta nafsu makan dari seorang lansia. Dikarenakan seorang lansia memiliki kondisi tubuh yang berbeda dengan orang yang berusia lebih mudah, semisal orang yang berusia lebih mudah masih dapat mengunyah makanan yang keras, sementara lansia tidak bisa akibat dari keterbasan serta kemampuan fisik.

Akibat kemampuan fisik yang terbatas dan juga nafsu makan yang menurun, jenis makanan yang diberikan kepada lansia pun harus menarik, mudah dikonsumsi, dan juga dapat menggugah selera seorang lansia. Makanan yang diberikan tidak hanya harus menarik, melainkan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhka oleh seorang lansia, agar lansia tersebut dapat menikmati makanan tersebut dan juga tetap terpenuhi kebutuhan gizi hariannya. Makanan tersebut dapat kita berikan dalam bentuk buah-buahan segar.

Manfaat mengonsumsi buah bagi lansia

Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang manis, buah buahan bisa menjadi opsi makanan untuk seorang lansia. Buah-buahan bisa menjadi solusi untuk dijadikan sumber makanan bagi lansia yang mengalami penurunan nafsu makan akibat keterbatasan fisik dan menurunnya kemampuan fisik. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi buah bagi lansia:

  • Memperlancar sistem pencernaan

Kebanyakan lansia memiliki gangguan pada sistem pencernaan mereka, buah merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Buah pisang dan pepaya merupakan buah yang memiliki manfaat memperlancar sistem pencernaan, buah tersebut juga diperkaya vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, dan magensium.

  • Merawat kulit lansia

Buah seperti pepaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit lansia, biasanya kulit seorang lansia akan mengalami kerutan dan mudah iritasi akibat menurunya fungsi pada anggota tubuh. Buah pepaya hadir dengan vitamin c yang tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi sehat dan terhindar dari iritasi.

  • Mencegah Alzheimer dan penyakit otak lainnya

Beberapa jenis buah dapat mencegah seorang lansia terkena penyakit otak seperti Alzheimer, Demensia dan lain-lain. Buah seperti anggur dan blueberry mengandung flavonoid dengan kadar yang tinggi, yang dapat bermanfaat untuk kesehatan otak seorang lansia.

  • Mengontrol Kolesterol

Terkadang seorang lansia memiliki masalah dengan kadar kolesterol pada tubuh  mereka, sehingga dapat memicu tekanan darah yang tinggi. Beberapa jenis buah diketahui dapat mengontrol kadar kolesterol pada tubuh, salah satunya apel. Apel mengandung serat larut cukup tinggi yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat hingga 40 persen.

Cara lain mengonsumsi buah untuk lansia

Terkadang seorang lansia juga akan mengalami bosan dan jenuh apabila mengonsumsi buah yang dilakukan secara terus menerus dan berulang, padahal vitamin dan zat nutrisi pada buah-buahan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh seorang lansia. Ada banyak cara untuk mengakali hal tersebut, agar lansia tidak jenuh dan mau untuk mengonsumsi buah kembali sehingga kebutuhan vitamin hariannya dapat terpenuhi.

Buah dapat diolah menjadi beberapa jenis makanan yang sehat dan mudah dikonsumsi oleh seorang lansia tanpa harus menghilangkan fungsi buah sebagai sumber nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Oalah buah seperti puding, agar-agar, dan juga kue atau jus dapat menjadi salah satu opsi agar lansia tetap mau mengonsumsi buah tanpa rasa jenuh. Kue bolu pisang dan puding mangga merupakan contoh olahan buah yang dapat dikonsumsi oleh seorang lansia.

Sumber:

comfortkeepers.ca/senior-superfoods-importance-fruits-vegetables/

hnrca.tufts.edu/myplate/myplate-for-older-adults/fruits-veggies

hsph.harvard.edu/nutritionsource/food-features/bananas/.