Manfaat Yoga Untuk Lansia

Yoga untuk lansia

Yoga adalah salah satu olahraga senam yang banyak digemari, khususnya oleh para generasi muda. Walau didominasi oleh orang yang berusia muda, bukan berarti seorang lansia tidak diperbolehkan mengikuti olahraga ini. Yoga bisa menjadi salah satu opsi pilihan olahraga senam yang bagus untuk lansia, karena memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat mereka rasakan.

Bagi seorang lansia dengan kemampuan bergerak yang terbatas dibanding dengan orang yang berusia muda, olahraga ringan seperti yoga sangat baik dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Di samping itu, olahraga yoga juga dapat dilakukan di rumah tanpa memerlukan peralatan khusus, sehingga memudahkan seorang lansia apabila ingin melalukan olahraga tersebut.

Manfaat yoga pada lansia

Senam yoga memiliki banyak manfaat untuk tubuh seorang lansia. Yoga adalah jenis senam yang menggabungkan antara meditasi dan latihan fisik. Dalam senam yoga, fisik akan dibuat rileks dengan gerakan seperti peregangan, keseimbangan, dan kelenturan, tanpa membuat tubuh merasa lelah berlebih. Adapaun manfaat yoga pada lansia adalah sebagai berikut:

  • Membantu memperlancar pernapasan

Salah satu manfaat yoga untuk lansia adalah membantu proses pernapasan. Dalam gerakan yoga terdapat teknik yang terfokus untuk melatih kontrol pernapasan. Sehingga, teknik ini mampu memperlancar pernafasan serta memperluas kapasitas dan fungsi dari paru-paru.

  • Menjaga kebugaran tubuh

Seorang lansia yang rutin melakukan olahraga yoga akan merasakan tubuhnya terasa lebih bugar. Hal tersebut terjadi karena gerakan-gerakan dalam yoga dirancang khusus untuk melatih tubuh, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar dan segar setelah melalukan berbagai gerakan pada yoga.

  • Mengurangi dan menurunkan resiko stres

Senam yoga adalah salah satu bagian dari perawatan pendukung dan jenis olahraga yang aman untuk dilakukan lansia. Yoga dapat membuat suasana hati seorang lansia menjadi lebih baik sehingga mampu meredakan stres dan menurunkan kadar stres yang berlebih.

Waktu yang tepat untuk melakukan yoga

Waktu terbaik melakukan senam yoga untuk mendapatkan manfaatnya bisa dilakukan kapan saja, asalkan senam yoga tersebut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari dan sesuai dengan kebutuhan lansia. Beberapa orang mungkin memilih untuk melakukan olahraga yoga pada pagi hari, sore hari, atau malam hari setelah beraktivitas. Sementara untuk lansia disarankan ketika ingin melakukan senam yoga, dilakukan pada pagi hari pada saat udara masih segar dan tubuh baru akan memulai aktifitas, sehingga dapat memberikan dampak yang baik bagi seorang lansia.

Sumber:

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/yoga/art-20044733

healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga

verywellfit.com/whats-the-best-time-to-do-yoga-3566957

ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6549603/