Olahraga Ringan Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan

Kesehatan akan sangat terasa mahal apabila seseorang sedang merasakan sakit atau tubuh sedang tidak fit, kesehatan merupakan kunci utama seseorang untuk dapat melakukan aktifitas dan kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya menjaga sebuah kesehatan dan menjadikan tubuh sebagai aset yang berharga.

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan cara menjaga kesehatan tubuh yang disarankan. Mengubah pola hidup bisa dari hal-hal ringan dan kecil seperti melakukan rutinitas olahraga ringan di jam-jam tertentu atau di waktu tertentu dan mengantur pola konsumsi makan serta memperhatikan kebutuhan gizi. Olahraga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan membantu proses metabolisme dalam tubuh.

Olahraga ringan untuk menjaga kesehatan

Kegiatan olahraga ringan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, olahraga ringan dapat membantu menjaga tubuh agar dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan melakukan olahraga ringan adalah salah satu pilihan efisien dan mudah, berikut beberapa jenis olahraga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh:

  • Berdiri dengan pijakan satu kaki

Olahraga ringan ini tidak membutuhkan alat sama sekali, bisa dilakukan di dekat dinding. Fungsi dari olahraga ini adalah untuk memperlancar aliran darah pada bagian kaki dan merenggangkan oto-otot yang kaku.

  • Push Up

Push up merupakan olahraga yang sangat simpel dan memiliki variasi yang sangat beragam. Push up adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan alat. Fungsi dari push up adalah menguatkan otot-otot tangan dan mengatur ritme pernafasan agar lancar.

  • Jogging ringan

Jogging ringan sekarang tidak hanya dilakukan di jalan atau di luar rumah, jogging bisa dilakukan di dalam rumah untuk saat ini. Jogging berfungsi untuk memperlancar peredaran oksigen di seluruh tubuh dan memperlancar pernafasan seseroang.

  • Naik turun tangga

Walupun gerakan naik turun tangga sangat sederhana, manfaat olahraga ringan ini sangat luar biasa. Jika gerakan ini dilakukan secara maksimal, naik turun tangga bermanfaat untuk memperkuat otot dan tulang kaki.

  • Perenggangan dada

Olahraga ringan ini seperti perengganga dada dapat dilakukan di rumah, dengan waktu kapan saja. Selain bisa menyehatkan, gerakan peregangan dada juga bisa  membuat postur tubuh menjadi lebih baik dan dapat mengatur ritme pernafasan.

Olahraga tidak harus di luar rumah

Seiring dengan berkembangnya zaman, olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah dan mengeluarkan biaya yang banyak saat ini. Beberapa olahraga ringan bisa dilakukan di dalam rumah, seperti jogging kecil dan push up. Seseorang diwajibkan berolahraga 20-30 menit dalam sehari untuk dapat menjaga kesehatan tubuh orang tersebut.

Olahraga adalah hal ringan yang bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja. Mari memulai kegiatan ringan seperti olahraga di dalam rumah agar tetap memiliki tubuh yang fit dan bugar agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit yang menyerang tubuh.

Sumber:

nhs.uk/live-well/exercise/easy-low-impact-exercises/

livestrong.com/article/536331-what-kinds-of-exercises-are-considered-low-intensity/

medicalnewstoday.com/articles/cardio-exercises-at-home#beginner-exercises