Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Kesehatan jantung

Jantung adalah organ dalam manusia yang berotot dan bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Jantung seseorang akan semakin kuat dan sehat apabila pemiliknya menjalani hidup yang sehat dengan salah satu caranya adalah rutin berolahraga. Berolahraga dapat menjaga kesehatan jantung dan juga memperlancar peredaran darah, serta memiliki manfaat lain secara luas.

Olahraga yang teratur, memberikan manfaat yaitu membakar kalori, menghilangkan stres berlebih, mengurangi kolesterol jahat pada tubuh, menurunkan tekanan darah, membantu menjaga kesehatan pembuluh arteri dan pembuluh darah lainnya, aliran darah berjalan dengan baik, serta menjaga berat badan ideal seseorang. Dari pola hidup sehat nantinya akan  tercipta kondisi jantung yang sehat.

Jenis olahraga untuk kesehatan jantung

Ada beberapa jenis olahraga yang memiliki dampak baik untuk kesehatan jantung seseorang, berikut ini merupakan jenis olahraga untuk menunjang kesehatan jantung:

  • Zumba

Dengan melakukan senam zumba secara teratur, maka seseorang dapat membakar 1.000 kalori selama satu jam, asalkan semua gerakan dilakukan dengan benar dan bergerak mengikuti irama musik sehingga membuat jantung memompa lebih cepat. Jantung yang memompa lebih cepat tersennut dapat melatih kekuatan jantung dan memperlancar darah di dalam tubuh.

  • Senam aerobik

Senam aerobik dapat meningkatkan sirkulasi peredaran oksigen serta darah, sehingga mampu mengontrol tekanan darah dan detak jantung agar bekerja optimal. Selain itu, aerobik meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh. olahraga aerobik yang dapat dilakukan sehari-hari yaitu jalan kaki, jogging, bersepeda dan juga berenang.

  • Perenggangan tubuh

Perenggangan sebelum berolahraga sangat baik untuk jantung, gerakan yang satu ini berguna untuk meregangkan otot-otot secara perlahan. meregangkan beberapa anggota tubuh sebelum berolahraga bisa membantu mempersiapkan otot-otot untuk beraktivitas dan membantu mencegah cedera akibat berolahraga.

  • Jalan kaki

Berjalan kaki adalah olahraga berintensitas rendah dan bisa dilakukan kapan pun tapi berdampak besar pada kesehatan jantung. Sebab, jalan kaki dapat meningkatkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, hingga menguatkan otot-otot jantung. Hasilnya, aliran darah di dalam tubuh akan lancar dan menjadikan jantung tetap sehat.

Pola hidup sehat agar jantung sehat

Pola hidup yang sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan jantung, berolahraga selama 150 menit per minggu untuk olahraga ringan atau 75 menit per minggu untuk olahraga berat sangat disarankan oleh ahli kesehatan. Hindari mandi dengan air terlalu panas atau dingin, atau sauna setelah berolahraga suhu ekstrem dapat memperberat kerja jantung.

Menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga adalah salah satu tips yang paling mudah untuk menjaga jantung agar tetap sehat dan dalam kondisi baik. Lalu mengurangi konsumsi makanan berlemak dan juga mengindari rokok serta minuman beralkohol merupakan tips pola hidup sehat selain berolahraga, yang dapat menyehatkan jantung.

Sumber:

heartfoundation.org.au/heart-health-education/physical-activity-and-exercise

hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/7-heart-benefits-of-exercise

heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults