Penyakit yang sering dijumpai pada remaja

Penyakit pada remaja

Masa remaja dianggap sebagian orang sebagai periode hidup yang paling sehat dan berpengaruh besar terhadap hari tua. Hanya saja, pertumbuhan fisik pada seorang remaja tidak selalu disertai dengan kematangan secara emosional. Selain itu, di masa remaja juga terdapat proses pengenalan jati diri, dan kegagalan dalam proses pengenalan jati diri ini bisa menimbulkan berbagai masalah terutama pada kesehatan.

Masalah yang ditimbulkan dapat berupa gangguan kesehatan mental dan fisik, yang berpengaruh pada kesehatan remaja tersebut. Akibat dari pola hidup yang tidak sehat dan juga efek dari belum matangnya kemampuan dalam mengolah emosional, remaja sering kali terkena penyakit di usia yang masih muda. Penyakit tersebut berupa penyakit pada fisik maupun psikis.

Penyakit yang sering dialami oleh remaja

Akibat dari psikis dan emosional yang tidak dapat terkontrol, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit pada seorang remaja. Penyakit tersebut dapat berupa penyakit psikis maupun penyakit pada fisik, berikut beberapa penyakit yang sering dialami oleh remaja:

  • Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering dijumpai pada remaja. Hal ini karena penyakit diabetes lebih berkembang cepat pada remaja dibandingkan pada orang dewasa, gaya hidup yang jauh dari olahraga dan selalu mengonsumsi makanan yang tidak sehat sering ditemukan pada remaja.

  • Obesitas

Obesitas sering dialami oleh anak usia remaja. Efek pada kesehatan dari obesitas pada anak remaja cukup serius, seperti penyakit jantung, asma, dan penyakit hati hingga diabetes. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur dan kurang sehat, serta jarang berolahraga.

  • Gangguan pada kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental yang sering dijumpai pada remaja biasanya disebabkan oleh depresi yang berlebih. Jika dibiarkan secara terus menerus, kondisi ini bisa berakibat fatal. Kesehatan mental sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan depresi yang berlebih hingga mengganggu kejiwaan.

  • Kanker

Kebiasaan merokok dan juga mengonsumsi minuman beralkohol yang dilakukan oleh remaja membuat mereka rentan dan beresiko terkena kanker. Berbagai jenis kanker menghantui para remaja, seperti kanker usus, limfoma, paru dan juga kanker hati.

Pola hidup sehat untuk remaja

Menjaga pola makan sehari-hari dan juga rutin berolahraga merupakan langkah untuk para remaja agar dapat mencegah penyakit berbahaya menyerang tubuh. Menghitung jumlah kebutuhan kalori setiap hari dan makan sesuai dengan kebutuhan kalori merupakan cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan selain berolahraga secara rutin. Hindari rokok dan minuman beralkohol agar tetap sehat di usia muda sampai nanti beranjak ke usia lanjut.

Sumber:

cancer.org/cancer/cancer-in-adolescents/what-are-cancers-in-adolescents.html

idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kualitas-hidup-remaja-dengan-kondisi-penyakit-kronis

mentalhealth.org.uk/explore-mental-health/a-z-topics/children-and-young-people

verywellhealth.com/the-7-biggest-health-risks-teens-face-2611248