Pilihan Makanan Sehat untuk Ibu hamil 

Makanan ibu hamil

Ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa di konsumsi sehari-hari. Makanan bergizi untuk ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan janin yang sedang di kandungnya tetap sehat. Konsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil dilakukan agar menjaga kebutuhan nutrisi saat hamil tercukupi dengan baik.

Namun meski demikian, ibu hamil sangat perlu untuk memperhatikan apa yang harus di konsumsinya. Pasalnya, ada makanan bergizi yang tidak di perbolehkan untuk di konsumsi selama kehamilan, salah satu contoh nya seperti telur mentah,daging mentah, sushi dan makanan sehat mentah lainnya. Lalu juga ada produk olahan susu yang belum melalui proses pasteurisasi.

Makanan Pilihan yang Bergizi untuk Ibu Hamil

u

Makanan dan asupan nutrisi selama kehamilan baik jenisnya maupun jumlahnya, memang perlu di perhatikan. Apalagi kebutuhan berbagai jenis asupan gizi akan bertambah seiring dengan usia kehamilan.

Contoh pada trimester kehamilan pertama misalnya,  jumlah kalori yang dikonsumsi umumnya tidak perlu ada penambahan. Namun saat memasuki trimester kedua dan ketiga, asupan kalori untuk ibu hamil yang di butuhkan dapat bertambah mencapai 340-450 kalori per hari.

Untuk mencukupi kebutuhan kalori seperti pada rata rata per hari nya, ibu hamil perlu untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti :

  • Sayur dan buah

Sayur dan buah adalah salah satu pilihan makanan sehat untuk di konsumsi ibu hamil. Setiap ibu hamil perlu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari untuk memastikan kebutuhan vitamin, mineral serta serat yang sangat di perlukan tubuh pada saat kehamilan agar semua nutrisi terpenuhi.

Sayuran hijau yang di butuhkan ibu hamil seperti bayam, brokoli dan kale yang mengandung vitamin A,vitamin C, vitamin K dan asam float. Nutrisi tersebut penting untuk menjaga juga memelihara kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah janin terlahir cacat.

  • Daging tanpa lemak, ikan dan telur

Pilihan makanan sehat untuk ibu hamil ini kaya akan kandungan protein yang penting untuk pertumbuhan janin. Telur mengandung kolin yang berperan penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin, serta mengurangi risiko terjadinya spina bifida (kelainan tulang belakang). Sementara itu, beberapa jenis ikan laut lainnya yang mengandung omega-3 baik untuk menjaga suasana hati ibu hamil, sekaligus mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

  • Alpukat

Buah alpukat, sangat baik untuk di konsumsi untuk Ibu hamil. Karena salah satunya alpukat merupakan buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kemudian makanan ibu hamil juga harus di lengkapi vitamin K,serat,vitamin B, Kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C. Pada buah alpukat terdapat asam lemak di dalamnya yang dapat membantu perkembangan kulit, otak dan jaringan tubuh pada perkembanganan janin yang mampu menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil

Selain pola hidup dengan mengonsumsi pilihan makanan sehat untuk ibu hamil, Ibu hamil juga perlu berolahraga ringan secara rutin, istirahat secara cukup, menjauhi asap rokok, menghindari minuman beralkohol dan bersoda, mengurangi stres, dan rutin memeriksakan diri ke dokter, agar kondisi kesehatan dapat dikontrol dan janin tetap terjaga secara baik.

Sumber:

nhs.uk/pregnancy/keeping-well/foods-to-avoid/

parents.com/pregnancy/my-body/pregnancy-health/healthy-pregnancy-tips/

clevelandclinic.org/health/articles/12593-pregnancy-nutrition

webmd.com/baby/guide/eating-right-when-pregnant