Seberapa Penting Oksigen Untuk Kesehatan?

Oksigen

Oksigen (O2) merupakan salah satu komponen berbentuk gas dan salah satu unsur vital dalam proses metabolisme. Oksigen memiliki peranan penting dalam berbagai proses tubuh secara fungsional serta kebutuhan oksigen sangat vital bagi tubuh, oksigen diperlukan sel di dalam tubuh untuk mengkonversi glukosa menjadi energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Oksigen adalah zat yang mutlak dibutuhkan oleh manusia unttuk tetap hidup. Pasalnya tanpa adanya oksigen pada suplai darah, organ dan jaringan tubuh tidak bisa bekerja. Dari kondisi tersebut dapat mengakibatkan hal-hal yang membahayakan bagi tubuh, seperti stroke dan serangan jantung. Pada bagian tubuh yang tidak terdapat suplai oksigen yang cukup disebut dengan iskemia.

Pentingnya Oksigen untuk kesehatan

Oksigen memiliki peranan penting yang tidak tergantikan untuk organ tubuh, beberapa organ tubuh manusia bekerja menggunakan bantuan dan peranan oksigen. Oksigen di dalam tubuh memiliki beberapa fungsi dan kegunaan untuk tetap menjaga tubuh agar sehat, berikut beberapa fungsi dan kegunaan oksigen untuk kesehatan tubuh:

  • Membantu peredaran darah

Sistem peredaran darah pada tubuh manusia dipengaruhi dan dibantu oleh oksigen. Kebutuhan oksigen pada tubuh seseorang yaitu sekitar 90 persen. Jika oksigen di dalam darah berkurang atau tidak mencukupi, akan menyebabkan gangguan seperti sesak napas dan kehilangan kesadaran atau anoksia.

  • Mencegah munculnya sel kanker pada tubuh

Ketika kadar oksigen di dalam tubuh seseorang sangat tinggi, maka dapat membuat sel-sel penyakit seperti sel kanker tidak dapat tumbuh dan berkembang di dalam tubuh. Akan sangat bahaya jika tubuh mengalami kekurangan oksigen, karena akan ada banyak ruang di dalam tubuh yang tanpa adanya oksigen sehingga menyebabakan sel-sel kanker dapat berkembang dan merusak tubuh.

  • Membantu menjaga kesehatan otak

Proses keluar masuknya oksigen pada tubuh dapat memengaruhi fungsi kinerja otak dan kesehatan otak. Jika oksigen yang masuk ke otak  adalah cukup, ini akan meningkatkan daya ingat serta kecerdasan otak serta menghindari terkena hipoksia.

  • Menjaga daya tahan tubuh dari penyakit

Ketika kadar oksigen pada tubuh tinggi dan membantu mempercepat metabolisme di dalam tubuh, maka daya tahan tubuh seseorang akan menjadi lebih resist terhadap serangan penyakit.

Pentingnya menjaga sumber oksigen

Setelah melihat fakta bahwasanya oksigen sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia, maka sudah sewajarnya setiap orang untuk menjaga sumber oksigen di bumi agar kebutuhan oksigen tetap terpenuhi sampai ke anak cucu kita nanti. Dengan menanam pohon, menjaga lingkungan serta turut andil dalam menghijaukam lingkungan disekitar sama dengan kita menjaga kesehatan tubuh. Mari bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan disekitar agar sumber oksigen di bumi tercinta tetap dapat lestari dan tetap dapat menghidupi mahluk di bumi.

Sumber:

medicalnewstoday.com/articles/320585

Healthline. Understanding COPD Hypoxia

John Hopkins Medicine. Mesenteric Ischemia.