Tetap Aktif Dan Sehat Di Usia Senja

Aktif dan sehat walau tidak lagi produktif

Saat ini banyak lansia yang masih bekerja secara produktif di hari tuanya. Walaupun mereka mengalami penurunan fungsi pada tubuh disebabkan bertambahnya usia, tetapi tidak membuat semangat mereka para lansia menurun. Mereka dituntut untuk tetap menjaga kesehatan mereka agar tidak mengganggu pekerjaannya. Agar lansia tetap bugar dan sehat meski memiliki banyak sekali kesibukan di usia mereka yang sudah tidak lagi muda, lansia harus memperhatikan beberapa faktor agar  tubuh mereka tetap sehat seperti pola hidup, pola makan, olahraga dan kebiasaan hidup sehari – hari.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar untuk lansia yang masih produktif, lansia disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mengikuti berbagai saran yang diberikan pakar ahli atau dokter.

Berikut adalah beberapa tips untuk hidup sehat yang bisa diterapkan oleh lansia yang masih produktif dan memiliki kesibukan yang aktif:

1. Istirahat yang cukup

Walaupun memiliki banyak sekali kesibukan, seorang lansia harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup ketika malam hari. Setidaknya waktu yang dibutuhkan oleh seorang lansia untuk tidur yaitu 7 – 8 jam sehari. Istirahat yang cukup dan berkualitas dapat menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh seorang lansia.

Jika seorang lansia mengalami insomnia saat malam hari, disarankan untuk menghindari minum minuman berkafein saat sore ataupun malam hari sebelum tidur.

2. Perbanyak minum air putih

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka tubuh akan cenderung beresiko mengalami dehidrasi. Karena itu sangat penting seorang lansia untuk mengkonsumsi air agar menjaga cairan tubuh tetap seimbang, minumlah air putih minimal 2L sehari agar kebutuhan air dalam tubuh tercukupi.

Air putih sangat berguna bagi seorang lansia untuk menjaga kandungan oksigen dalam darah. Hal ini sangat berguna untuk menjaga tingkat konsentrasi seorang lansia dan juga fungsi kognitif pada otak ketika melakukan banyak kegiatan.

3. Olahraga

Melakukan sebuah rutinitas kegiatan bagi lansia adalah hal yang wajib dilakukan agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Olahraga merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang masih aktif bekerja saat usia sudah memasuki masa tua. Karena ketika seorang lansia berolahraga, hal tersebut dapat meningkatkan imunitas didalam tubuh dan juga memperlancar proses metabolisme serta mencegah lansia terkena resiko penyakit jantung koroner, hipertensi, obesitas, diabetes melitus, stroke dan berbagai penyakit lainnya.
Olahraga yang bisa dilakukan lansia diantaranya : jalan kaki saat pagi dan sore hari, bersepeda ringan dan melakukan yoga dan senam ringan.

Sumber:

sehatnegeriku.kemkes.go.id